cover
Contact Name
Arief Setyawan
Contact Email
arief.setyawan@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285702411446
Journal Mail Official
metalingua.pbsi@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Program Studi PBSI, Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan Location: Bangkalan, Jawa Timur
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua
ISSN : 25284371     EISSN : 25286684     DOI : https://doi.org/10.21107/metalingua
Core Subject : Education,
Metalingua journal is a journal that focuses on the problems that occurred in the field of education, language, and Indonesian literature. Metalingua facilitate the research of teachers, lecturers, postgraduate research students and experts who participate actively in the Indonesian language and literature education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020" : 7 Documents clear
ANALISIS STRUKTUR DALAM NOVEL “SEPERTI HUJAN YANG JATUH KE BUMI “KARYA BOY CANDRA Elisabet Saina; Syamsiyah Syamsiyah; Riko Riko
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.639 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v5i1.6523

Abstract

Sastra adalah salah satu bentuk karya manusia yang diwujudkan dalam bentuk lisan maupun tulisan dengan bahasa yang indah sesuai konteks yang diinginkan. Salah satu karya sastra yang bisa dinikmati oleh setiap manusia adalah novel. Novel menyajikan berbagai cerita dengan perspektif penulis untuk menarik para pembacanya. Setiap novel tentunya memiliki struktur yang menarik untuk dinikmati oleh para pembaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena  data yang di analisis berupa kata- kata atau kalimat- penelitian sastra dan novel seprti hujan yang jatuh ke bumi. Teknik pengumpulan data adalah : 1) teknik pustaka, 2) teknik catat, 3) teknik analisis.Hasil penelitian ini menunjukan adanya struktur dalam Novel “Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi” seperti tema yaitu persahabatan dan percintaan, empat tokoh dengan watak yang berbeda, sudut pandang yang dgunakan penulis, alur campuran, amanat yang terdapat dalam novel yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan gaya bahasa yang digunakan penulis dalam menyajikan novel ini. kallimat. Ditinjau dari analisis penelitian stuktur dan nilai pendidikan. Sumber data berasal dari buku
PENANDA EMOTIF PARTIKEL JONEGOROAN Mixghan Norman Antono
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v5i1.7122

Abstract

This research is a qualitative study conducted to reveal the emotive markers of particles used by the Jonegoroan Subdialek Language. At least this subdialect has seven particles, including: (1) –leh, (2) –je, (3) –jal, (4) –jan, (5) –em and –nem, (6) –nyo, and ( 7) -men. . Each particle has a different emotive marker. When classified, the use of particles in the Jonegoroan subdialect serves to mark the emotive affirmation, disappointment, overload, ownership, and statement of the negationKeywords: Particle, Jonegoroan Subdialek, emotive marker
IMPLEMENTASI AKSIOLOGIS DALAM BUKU SMA KELAS X PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 Ridwan Ridwan; Abdul Rosid
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.068 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v5i1.6896

Abstract

ABSTRAKAksiologis merupakan cabang filsafat yang membahas teori-teori nilai dan berusaha mendeskripsikan mengenai kebaikan dan perilaku yang baik. Bagian dari aksiologi adalah etika dan estetika. Fokus pembahasan adalah bagaimanakah implementasi landasan aksiologis dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 di sekolah menengah atas. Dengan demikian, akan dapat diketahui bagaimanakah landasan aksiologis jika di sematkan di dalam buku ajar bahasa Indonesia untuk SMA kelas X. Kemudian, baik guru, pengembang dapat menyesuaikan kebutuhan pengimplementasian landasan aksiologis dalam kegiatan pembelajaran maupun mengembangkan bahan ajar terbaru yang lebih baik. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah isi buku pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2014 untuk siswa SMA kelas 10 terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. adanya implementasi landasan aksiologis yang berupa nilai-nilai moral dan etika perilaku manusia serta nilai estetika dalam penelitian ini dapat diketahui di dalam pengantar pelajaran, materi teks, gambar, kegiatan dan tugas-tugas, serta identifikasi hasil capaian atau tabel penilaian. Fokus nilai moral dan perilaku di dalamnya dimuat dan dikelompokkan ke dalam beberapa nilai yang umumnya dipakai dalam kurikulum berkarakter yakni kurikulum 2013. Selain itu, nilai estetika dan kesenian yang divisualisasikan ke bentuk tipografi, ilustrasi, dan tata letak di dalamnya berperan sebagai pendukung yang baik di dalamnya. Kata Kunci: Implementasi, landasan aksiologis, bahan ajar, bahasa Indonesia 
STRUKTUR TUTURAN ADU MULUT FARHAT ABAS DENGAN DEWI PERSIK DALAM ACARA HITAM PUTIH Afiyah Nur Kayati
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (974.452 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v5i1.7046

Abstract

Percakapan yang di dalamnya terdapat struktur percakapan bisa terjadi pada sejumlah pertemuan sosial dengan konteks yang berbeda-beda. Dalam interaksi sosial banyak terjadi salah paham yang menimbulkan perdebatan yang berakhir adu mulut antarorang yang berselisih paham. Kejadian tersebut terjadi hampir pada semua orang termasuk artis. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menganalisis struktur tuturan adu mulut Farhat Abbas dengan Dewi Persik dalam acara Hitam Putih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah rekaman percakapan antara Farhat Abbas dengan Dewi Persik dalam acara Hitam Putih yang dianalisis dengan metode agih dan padan. Dalam penelitian tersebut dapat dilihat bahwa dalam adu mulut Farhat Abbas dengan Dewi Persik dalam acara Hitam Putih terdapat unsur struktur tuturan yaitu, giliran bicara; jeda, overlaps, backchannel; gaya bicara; pasangan ajasensi; dan struktur preferensi.
IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING Albitar Septian Syarifudin
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.195 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v5i1.7072

Abstract

Abstrak: Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan menggunakan internet sebagai tempat menyalurkan ilmu pengetahuan. Bentuk pembelajran sepertii ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa terikat waktu dan tanpa harus bertatap muka. Di era perkembangan teknologi pembelajaran daring semakin canggih dengan berbagai aplikasi dan fitur yang semakin memudahkan pengguna. Tidak terikatnya waktu dan dialkukan tanpa bertatap muka menjadi keunggulan pembelajaran daring yang bias dimanfaatkan pendidik . Seperti yang terjadi pada saat ini, pembelajaran daring menjadi satu-satunya pilihan bentuk pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik ketika terjadi  bencana alam atau pandemi global. Indonesia menerapkan social distance di segala aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, pembelajaran daring dapat dikatakan menjadi satu-satunya pilihan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menigkatkan mutu pembelajaran di Indonesia.
INTERFERENSI DAN INTEGRASI KATA-KATA DAERAH DAN ASING DALAM NOVEL ‘DIAN YANG TAK KUNJUNG PADAM’ Zaidatul Arifah
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.255 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v5i1.5249

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan interferensi dan integrasi kata-kata daerah dan asing dalam novel Dian yang Tak Kunjung Padam karya Sutan Takdir Alisjahbana. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan hasil dari penelusuran interferensi kata/frasa daerah dan asing dalam novel tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interferensi dan integrasi dalam novel Dian yang Tak Kunjung Padam. Berdasarkan data yang tekumpul, ditemukan kata integrasi sebanyak 88,7% dan kata interferensi sebanyak 11,43%. Interferensi dan integrasi bahasa dalam novel ini berasal dari bahasa Arab, Inggris, dan Palembang.
DAMPAK VERBAL BULLYING TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH GENDOL VI SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA Talisa Winahyu Setya Umara; Elma Nur Damawanti; Yanuar Bagas Arwansyah
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 5, No 1 (2020): Metalingua, Edisi April 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (961.892 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v5i1.7077

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fenomena Verbal Bullying yang terjadi di SD Muhammadiyah Gendol VI serta dampaknya bagi kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma penelitian ini yaitu naturalistik dan filsafat post-positivisme. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Gendol VI Seyegan Sleman Yogyakarta dengan subjek penelitian yaitu 5 siswa kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Wawancara dilakukan untuk memeroleh data, data tersebut diperoleh dengan wawancara siswa dan guru kelas. Pengambilan wawancara melibatkan 5 siswa kelas II dan seorang Guru kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Peneliti melakukan perbandingan dan pengecekan kebenaran data dengan alat dan waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara fenomena Verbal Bullying dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Hal tersebut berarti semakin sering siswa mendapatkan Verbal Bullying maka akan memengaruhi tingkat kecerdasan interpersonal siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7